Selasa, 28 April 2015

sejarah Lokal "Kerajaan Mempawah"

kenangan sebelum pergi ke kecamatan monterado kab bengkayang

TUGAS KELOMPOK 6
“KERAJAAN MEMPAWAH”
DIAJUKAN UNTUK TUGAS MATA KULIAH SEJARAH LOKAL
OLEH :
                        SRI WAHYUNI                                               : 221200094
                        KHUSNUL OKTAVIANTI                           : 221200054
                        KARNITA                                                      : 221200012
                        KARMILAWATI GUSTINA NINGSIH       : 221200113
                        URAY SELA FRANSISKA                            : 221200186
                        TERESIA HARYATI                                     : 221200114
KELAS                        : B SORE
SEMESTER                 : 4 (GENAP)
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
( STKIP- PGRI ) PONTIANAK

2014/2015

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat serta karunia-Nya kami dapat menyelesaikan tugas makalah Sejarah Lokal ini dengan baik.
Makalah ini berisi tentang Sejarah Lokal yang berjudul Kerajaan Mempawah yang akan membahas tentang: Kerajaan Bangkule Rajakng, Sejarah Kerajaan Mempawah, Peninggalan Sejarah Kerajaan Mempawah, dan Tempat dan Peristiwa Sejarah.
Penyelesaian tugas mata kuliah Sejarah Lokal ini tidak lepas dari berbagai pihak yang telah membantu penulis dalam pembuatan makalah ini. Untuk itu kami selaku penulis mengucapkan terima kasih kepada: Ibu Susi Susanti, M. Pd selaku dosen mata kuliah Sejarah Lokal yang telah memberi bimbingan dan pengarahan dalam pembuatan makalah ini.
Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Kami mohon maaf jika dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak yang telah membaca makalah ini.
Akhirnya, semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis maupun pembaca untuk dapat menambah wawasan kita tentang mata kuliah Sejarah Lokal.


Pontianak, Maret 2014
Penulis



DAFTAR ISI
halaman
KATA PENGANTAR ...............................................................................  i
DAFTAR ISI ...............................................................................................  ii
BAB I : PENDAHULUAN ........................................................................  1
A.    Latar Belakang ..................................................................................  1
B.     Rumusan Masalah .............................................................................  2
C.     Tujuan Penulisan ...............................................................................  2
D.    Manfaat Penulisan .............................................................................  2
BAB II : PEMBAHASAN ..........................................................................  4
A.    Kerajaan Bangkule Rajakng ..............................................................  4
B.      Sejarah Kerajaan Mempawah ...........................................................  13
C.      Peninggalan Sejarah Kerajaan Mempawah ......................................  17
D.     Tempat dan Peristiwa Sejarah .......................................................... 22
BAB III : PENUTUP ..................................................................................  24
A.    Simpulan ...........................................................................................  24
B.     Saran .................................................................................................  26
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................ 27

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Menurut sejarah, kalimantan Barat merupakan kumpulan- kumpulan kerajaan- kerajaan kecil yang menyebar ke seluruh wilayahnya. Kerajaan- kerajaan itu antara lain: Kerajaan Matan di Ketapang, Kerajaan Sintang, Kerajaan Mempawah, Kerajaan Sukadana dan lain- lain. Kerajaan Mempawah merupakan sebuah kerajaan yang di pimpin oleh seorang Panembahan, mempunyai sejarah yang menarik untuk diungkapakan.
Pengungkapan dan pengembangan sejarah kerajaan- kerajaan di Kalimantan Barat sangat penting artinya sebagai bahan penulisan sejarah yang lebih ilmiah karena selama ini penulisan- penulisan sejarah yang ada masih bercampur dengan cerita rakyat ataupun dongeng yang masih perlu dikaji kebenarannya. Hal ini selain bermanfaat bagi perkembangan ilmu sejarah sendiri juga bermanfaat bagi generasi penerus untuk memperoleh bukti sejarah yang benar.
Kerajaan- kerajaan di kalimantan Barat, khususnya Kerajaan Mempawah mempunyai sejarah yang menarik untuk di gali guna pelestariannya. Sebagai sebuah kerajaan yang di pimpin oleh seorang Penembahan mempunyai luas wilayah yang tidak begitu besar apabila dibandingkan dengan kerajaan lain seperti Tanjung Pura. Semula kerajaan ini tumbuh dan berkembang didaerah Mempawah Hulu dan setelah mangalami kemajuaannya yang pesat, pusat kerajaannya dipindah ke Mempawah Hilir. Kedua pusat pemerintahan tersebut mempunyai ciri khas masing- masing sehingga dapat dipisahkan menjadi dua masa pemerintahan. Kerajaan mempawah mengalami kejayaannya pada masa pemerintahan penambahan Adiwijaya, dimana kerajaan ini berkembang menjadi sebuah kota perdagangan, baik itu perdangan antara daerah di sekitarnya maupun daerah- daerah di luar kerajaan. Hal ini memungkinkan karena kerajaan ini letaknya tidak begitu jauh dari sungai maupun laut.
Dalam makalah ini juga diungkapkan sejauh mana perkembangan perdagangan pada masa- masa tersebut, yang didukung dengan adanya bukti- bukti sejarah yang ada di sekitar kerajaan. Baik perdagangan yang bersifat lokal maupun antar daerah lain di luar Kalimantan Barat bahkan dengan negara- negara lain.
Keberadaan Kerajaan Mempawah terusik dengan kedatangan Belanda di Indonesia, yang menyebabkan timbulnya permasalahan baru. Sampai kedatangan Jepang, kekuasaan beralih ke tangan penjajah Jepang. Dan pada akhirnya bergabung dengan negara Republik Indonesia pada masa setelah kemerdekaan.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang akan di uraikan ialah:
1.      Bagaimana mengetahui latar belakang Kerajaan Mempawah yaitu bermula dari Kerajaan Bangkule Rajakng menjadi Kerajaan Mempawah?
2.      Bagaimana sejarah Kerajaan Mempawah?
3.      Apa-apa saja peninggalan sejarah Kerajaan Mempawah?
4.      Dimana tempat dan peristiwa sejarah di Kerajaan Mempawah?

C.    Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang ingin di capai penulis ialah:
1.      Untuk mengetahui latar belakang Kerajaan Mempawah yaitu bermula dari Kerajaan Bangkule Rajakng menjadi Kerajaan Mempawah dan memberikan informasi tentang peristiwa masa lampau sebagai bahan pendidikan. Terutama untuk meningkatkan dan menyempurnakan kesadaran akan sejarah bagi generasi muda khususnya, dan masyarakat Kalimantan Barat pada umumnya.
2.      Untuk mengetahui sejarah Kerajaan Mempawah dan membina kesadaran akan pentingnya arti masa lampau tersebut guna menumbuhkan atau membangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme, semangat persatuan dan kesatuan, juga kebanggaan nasional sebagai wujud dari rasa cinta kepada nusa dan bangsa.
3.      Untuk mengetahui apa-apa saja peninggalan sejarah Kerajaan Mempawah dan untuk menanamkan nilai- nilai yang patut dipedomani dan diteladani dari para tokoh pahlawan kita yang telah gugur dan membuang sifat- sifat yang buruk dari masa lampau.
4.      Untuk mengetahui dimana saja tempat sejarah yang ada di Kerajaan Mempawah dan untuk mengetahui adat istiadat atau tradisi yang ada di Kerajaan Mempawah.











BAB II
PEMBAHASAN
A.    Kerajaan Bangkule Rajakng
Dalam  mengkaji sejarah kerajaan Mempawah terlihat agak unik dibandingkan dengan kerajaan-kerajaan lain di Kalimantan Barat. Keunikan tersebut selain sejarah Kerajaan Mempawah mempunyai dua versi yaitu kerajaan Dayak dan versi Kerajaan waktu diperintah oleh Daeng Menambon. Tentunya keduanya mempunyai tata cara pemerintahan yang berbeda, disatu pihak masih terikat oleh adat istiadat yang kuat dan dilain pihak menganut hukum islam dan hukum adat tempat ia berasal. Maka timbullah cerita yang menyatakan bahwa cikal bikal Kerajaan Mempawah adalah kerajaan Dayak “Bangkule Rajakng”. Disebut cerita karena disampaikan dari mulut kemulut, dan sampai sekarang masih sulit dibuktikan kebenarannya.
Dalam buku yang dikarang oleh Mohd. Yusuf Sahar disebutkan bahwa kerajaan yang pertama di Mempawah adalah sebuah kerajaan yang di pimpin oleh seorang raja Dayak yang bernama Ne’Rumaga dengan pusat pemerintahannya berkedudukan di Bahana kira-kira pada abad-16. Dalam sumber lain yaitu Sejarah Hukum Adat dan Istiadat Kalimantan Barat yang dikarang oleh J. U Lontaan disebutkan bahwa raja yang pertama adalah Patih Gumantar berkeudukan di pegunungan Sidiniang daerah sangking Mempawah Hulu. Sebenarnya dalam kedua sumber tersebut, disebut-sebut nama Patih Gumantar sebagai raja.
Tetapi, hanya dalam buku Mohd. Yusuf disebutkan raja sebelum Patih Gumantar yaitu Ne’Rumaga tersebut. Keduanya juga menyebutkan adanya raja setelah Patih Gumantar yaitu Panembahan Senggaok. Pada masa ini terjadi peralihan kekuasaan dari kerajaan tradisional yaitu kerajaan Dayak kepada kerajaan yang di pegang oleh raja dari suku lain dengan segala tata cara pemerintahan baru.
 Dan pada pemerintahan baru inilah kerajaan Mempawah mengalami perkembangan. Dari beberapa cerita menyebutkan bahwa Patih Gumantar  adalah seorang raja yang gagah berani beristrikan Dara Irang dan mempunyai beberapa anak yaitu Patih Nyabakng, Patih Janakng dan Dara Itam. Kematian Patih Gumantar menurut sumber Mempawah dan Landak adalah Dikayau (dipenggal kepalanya) oleh suku Biaju dekat Sungkung Serawak. Perang Kayau-Mengayau memang sudah menjadi kebiasaan pada jaman itu, dengan melancarkan perang secara mendadak dan kemudian mengayau kepala rajanya.
Pengganti Patih Gumantar dari beberapa sumber cerita menyebutkan berlainan, satu sumber menyatakan anaknya yang bernama Patih Nyabakng dan sumber lain menyebutkan raja Kudung/Kodong yang di panggil rakyat “Panembahan yang tidak berpusat” kira-kira memerintah pada tahun 1610, tidak mempunyai hubungan dengan Patih Gumantar. Setelah itu pemerintahan dipegang oleh Panembahan Senggaok yang menikah dengan seorang puteri anak Raja Qahar berasal dari Baturijal Indragiri Sumatera yang bernama Puteri Cermin. Dari istrinya ini yang bergelar Ratu Panembahan Puteri Cermin, Panembahan Senggaok memperoleh anak perempuan bernama Mas Indrawati yang sebelumnya telah diramalkan oleh seorang ahli nujum bahwa apabila anaknya seorang perempuan. Maka, kerajaan Bangkule Rajakng akan berakhir dan pindah kepada Raja suku lain.
Maka ketika usia Mas Indrawati sudah cukup untuk berumah tangga dilamarlah ia oleh anak seorang Raja di Sambas, akan tetapi rupanya tidak berjodoh melainkan ia menikah dengan Sultan Mohammad Zainuddin, Sultan kerajaan Matra Sukadana. Dari hasil perkawinan ini lahir anak perempuan lagi yang diberi nama Puteri Kesumba. Dari keterununan Panembahan Senggaok inilah terjadi perubahan, dimana Puteri Kesumba menjadi isteri Opu Daeng Menambon dan kemudian menggantikan kakeknya menjadi Raja di Mempawah.

1.      Asal-Usul Opu Daeng Menambon
Dikisahkan Daeng Menambon adalah seorang keturunan dari kerajaan Luwu di Sulawesi. Dia pergi merantau dengan disertai oleh saudaranya dan ayah kandungnya yang bernama Opu Tandre Borong Daeng Rilekke. Perantauan mereka untuk pertama kalinya sampailah ke Betawi, menemui adik Opu Tandre Borong Daeng Rilekke bernama Daeng Biasa yang menetap di Betawi menjadi kepala dari orang-orang Bugis yang ada disana. Opu Tandre Borong Daeng Rilekke bersama-sama dengan anak-anaknya yaitu Opu Daeng Perani, Opu Daeng Menambon, Opu Daeng Marewah, Opu Daeng Cela’ dan Opu Daeng Kemasih melanjutkan perantauannya singgah ke Pulau Siantan yang pada waktu itu dipimpin oleh Nahkoda Elang yang berasal dari Bugis juga. Nama aslinya adalah Keling Abdul Fattah anak dari Raja Bone dan mempunyai isteri bernama Daeng Fatinah.
Untuk mempererat tali persaudaraan di antara mereka, maka Opu Daeng Perani kawin dengan anak Nahkoda Elang dan dari hasil perkawinan ini ia memperoleh anak laki-laki yang diberi nama Daeng Kamboja. Nama itu diberikan sebagai kenangan waktu mereka melawati ke Kamboja. Sekembalinya mereka dari Perlawatan ke Kamboja inilah Ayahanda Opu Daeng Menambon meninggal dunia di Pulau Siantan. Kemudian Daeng Perani memperoleh anak lagi seorang perempuan dan diberi nama Daeng Tijah. Perjalanan dilanjutkan lagi, dari Siantan mereka berlayar ke Riau, Matan sukadana, Selangor (Malaysia), dan lain-lain. Opu Daeng Perani mendapat gelar Perajurit Agong Daeng Sastra Johan Pahlawan sedangkan anaknya Daeng Kamboja menjadi Sultan Alaudiansyah Yang Dipertuan Muda III  Kerajaan Riau (1740-1777). Kemudian Daeng Perani pun menikah lagi dengan anak Raja Selangor pada waktu mereka berlayar kesana, hal itu terjadi setelah perantauan mereka ke Sukadana atas permintaan Sultan Muhammad Zainuddin.
Opu Daeng Marewah diangkat menjadi Yang Tuan Muda Kerajaan Riau I dengan gelar Kelana Jaya Putera , Sultan Alaudiansyah I Yang Dipertuan Muda I  sedang Opu Daeng Cela digelar Opu Daeng Pali, Beliau menjadi Sultan Alaudiansyah II Yang Dipertuan Riau Muda II. Daeng Menambon menikah dengan  anak Sultan Muhammad Zainuddin dan akhirnya menjadi Panembahan di Mempawah. Yang terakhir Opu Daeng Kemasih menikah dengan anak Sultan Sambas yang bernama Uray Tengah, dan memperoleh gelar Pangeran Mangkubummi. Begitu juga dengan kelima bersaudara tersebut, dengan kepandaiannya dalam pelayaran maka mereka menguasai laut, pergi kemana mereka suka, dan seklaigus memperkenalkan adat-istiadat dan agama mereka kepada penduduk setempat. Selain itu mereka pun pandai dalam masalah tata pemerintahan dan strategis perang.
Di dalam buku “Tuhfat Al-Nafis” karangan dari Al-Makhum Raja Ali Al-Haji Riau yang diterbitkan oleh Malaysia Publication Ltd di Singapura tahun 1965, disebutkan bahwa Daeng Menambon adalah Opu Tandari Borong Daeng Rilak yang ditulis oleh Mohd. Yusuf Sahar sebagai Opu Tandre Borong Daeng Rilekke. Opu Daeng Rilekke mempunyai ayah bernama La Madusalat yang diidentifikasi sebagai La Madusila dan disebut oleh Tuhfat Al-nafis sebagai Raja Luwu dan leluhur raja-raja Luwu dari soppeng menjadi raja pertama yang beragama Islam.  
Menurut Andi Zainal Abidin bahwa raja Bugis Makassar yang pertama masuk Islam adalah La Pati Ware Daeng Parabbung yang diislamkan oleh Datuk Sulaiman, seorang alim ulama yang dikirim oleh Sultan Johor. Jadi kemungkinan besar nama La Madusilat yang disebut dalam Tuhfat Al-nafis ialah La Pati Ware Daeng Parubbung alias La Patiarase, yang pada tahun 1603 memeluk agama Islam di Sulawesi Selatan. Lebih masuk akal kalau beliau adalah ayah dari Opu Tenri Borong Daeng Ri Lekke. Jadi ayah Daeng Manambon yang berkelana ke Kalimantan Barat bersama-sama dengan  saudaranya Daeng Kamase.

2.      Pemerintahan Kerajaan Sebukit
Seperti telah disebutkan bahwa pada waktu Opu Daeng Manambon bersama-sama saudaranya berada di pulau Siantan, mereka memperoleh surat dari sultan Muhammad Zainuddin dari Kerajaan Matan yang isinya adalah memohon pertolongan kepada Opu Lima bersaudara untuk merebut kembali Kerajaan Matan dari tangan Pangeran Agung adiknya yang telah merampas kekuasaan dari Sultan Muhammad Zainuddin. Maka berangkatlah ke lima bersaudara tersebut ke Sukadana, untuk bertemu Sultan Zainuddin. Pertemuan mereka terjadi di dalam sebuah Masjid Agung dimana Sultan Muhammmad Zainuddin menyelamatkan diri, sedangkan seluruh keluarganya sudah berada di kota Waringin.
Kedatangan Opu lima bersaudara memberikan harapan bagi Sultan Zainuddin untuk dapat merebut kembali kerajaan. Ternyata dengan tidak menemui kesulitan Opu lima bersaudara dapat mengembalikan tahta Kerajaan Matan kepada Sultan Zainuddin. Dimana Opu lima bersaudara harus berhadapan dahulu dengan kerabatnya yang juga berasal dari Bugis yaitu Daeng Mataku dan Haji Hafiz. Dan akhirnya atas kebijaksanaan Opu Daeng Manambon, mereka disuruh pergi ke Siak membawa perahu yang ada sebuah Meriam, pasangan si Gondah milik Daeng Menambon.
Seperti biasa suatu kerajaan melakukan perkawinan politik, selain bertujuan sebagai pengikat tali persaudaraan juga untuk mempertahankan kekuasaannya. Begitupun dengan perkawinan Opu Daeng Menambon dengan anak Sultan Zainuddin yang bernama Putri Kesumba yang juga cucu dari Panembahan Seanggaok dari kerajaan Mempawah. Maka dengan terjadinya perkawinan tersebut Opu Daeng Menambon dengan sendirinya masuk dalam keluarga Kerajaan Matan maupun Kerajaan Mempawah. Dengan gelar Pangeran Mas Surya Negara, sedagkan isterinya Puteri Kesumba bergelar Ratu Agung Si Nuhun. Setelah kurang lebih tiga tahun Opu Daeng Menambon menikah, Sultan Muhammad Zainuddin meninggal dunia dan digantikan oleh Pangeran Mangkurat anak Sultan Muhammad Zainuddin dengan isteri lain.
Maka Daeng Menambon sesuai dengan anjuran keluarganya untuk pulang ke Senggaok yang telah mangkat dan dimakamkan di Senggaok. Setelah Panembahan Senggaok mangkat untuk sementara kerajaan Bangkule  Rajkng dijabat oleh Pangeran Adipati yang beribukota di Pinang Sekayu. Menurut Sejarah Melayu Bugis Raja Ali Haji Opu Daeng Menambon hijrah dari Matan ke Sebukit pada kira-kira tahun 1148 H (1737 M) dan disini juga disebut-sebut nama Kerajaan Mempawah, yang sebenarnya dahulu belum ada nama Mempawah, yang ada nama Kerajaan Bangkule Rajakng. Sumber lain menuliskan tahun 1747 M sebagai tahun hijrah Daeng Menambon ke Sebukit yaitu dalam buku karangan Mohd. Jusuf Sahar. Selanjutnya mereka di sebukit, Puteri Cermin dan Ratu Sultan Mas Indrawati pergi ke Pinang Sekayu.
Untuk menerima penyerahan kekuasaan, kemudian mereka kembali ke Sebukit untuk menyerahkan kekuasaan kerajaan Bangkule Rajakng ke tangan Puteri Kesumba Ratu Agung Sinuhun beserta suaminya Opu Daeng Menambon Pangeran Mas Surya Negara sebagai “Pejabat Raja dalam Kerajaan Bangkule Rajakng” dan beribu kota di Sebukit. Pemerintahan Pangeran Mas Surya Negara di Sebukit berlangsung kira-kira pada tahun 1737 M-1761 M. Sebukit yang sekarang disebut Sebukit Rama mengalami perbedaan pada saat Patih Gumantar menjadi Raja pada saat pemerintahan Daeng Menambon.
Kalau waktu Patih Gumantar menjadi penguasa sistem pemerintahan bersumber pada hukum adat masyarakat setempat, yaitu hukum adat Dayak. Tetapi setelah Daeng Menambon memegang kekuasaan mengalami perubahan selain masih menggunakann hukum adat setempat juga memakai hukum Syara agama Islam, juga diimbangi oleh hukum Siri yaitu hukum Sulawesi. Selain perbedaan dalam hal hukum, pada masa pemerintahan Opu Daeng Menambon dilengkapi juga dengan sistem birokrasi Bahtera, Perahu atau Kapal yang dilengkapi dengan staf-stafnya, seolah-olah seperti kerajaan di laut.
Yang di dalamnya dilengkapi dengan para menteri bergelar Datuk Laksamana, Datuk Kiayai Dalam, Datuk Malem, Datuk Pembekal, Datik Petinggi dan Datuk Bendahara. Pada masa pemerintahan Opu Daeng Manembon inilah agama islam dikembangkan di Mempawah dan sekitarnya. Penyebaran Islam dilanjutkan oleh anaknya Daeng Menambon yang bernama Gusti Jemiril bergelar Panembahan Adiwijaya, dalam buku Mohd. Jusuf Sahar dan dalam tulisan Raja Ali Haji dituliskan sebagai Panembahan Adiwijaya Kesumajaya. Opu Daeng Menambon meninggal pada tanggal 26 Safar tahun 1175 H/1761 M dimakamkan di Sebukit. Puteri Kesumba Ratu Agung Sinuhun meninggal pada bulan Sapar tahun 1185 H dimakamkan di kampung Pedalaman Mempawah Hilir.
Pemindahan Keraton dari Sebukit ke Mempawah belum ada keterangan secara jelas. Hanya menurut adat tradisi, pendirian keraton baru dimulai setelah masa berkabung para keluarga raja selama empat puluh hari empat puluh malam. Maka bila dihitung dari tanggal dikebumikannya Opu Daeng Menambon yaitu tanggal 27 Sapar tahun 1761 M, akan diperoleh pada hari ke empat puluh satu yaitu baru dimulai pembangunan keraton selama enam puluh hari, dan pada hari ke seratus dimulai pemindahan kerajaan yaitu pada tahun 1761 M. Nama baru untuk kerajaan ini oleh Penembahan Adiwijaya Kesuma dinamakan Kerajaan Mempawah, berasal dari buah asam pauh atau mempelam pauh, ada juga yang mengatakan Nam’pawa bahasa cina yang artinya arah selatan. Jadi setelah Opu Daeng Menambon maka hilanglah Kerajaan Bangkule Rajakng dan Kerajaan Sebukit, muncul nama Kerajaan Mempawah tahun 1761.

3.      Asal-usul Al Habib Husin Alqadri
Al Habib Alqadri adalah seorang penyebar agama Islam dari negeri Timur atau Arab. Berlayar bersama-sama dengan teman seperguruannya menuju ke Aceh, yang pada waktu itu beliau berumur 18 tahun. Adapun Al Habib Alqadri yang terdahulu bernama Sayid Husin Alqadri berlayar ke Betawi kemudian ke Semarang dan akhirnya menyeberang ke Matan Sukadana. Di Matan karena kepandaiannya dalam bidang agama oleh Sultan Zainuddin diangkat menjadi Mufti dan dimuliakan dengan gelar Al Habin. Kemudian dikawinkan dengan Puteri Matan yang sering disebut dengan Nyai Tua dan melahirkan seorang anak laki-laki bernama Syarif Abdurrahman bin Al Habib Husin Alqadri yang nantinya menjadi pendiri kota Pontianak, lahir tahun 1101 H.
Dikarenakan Al Habib Husin Alqadri yang telah mengabdi di Kerajaan Matan selama 17 tahun, pergi meninggalkan Matan menuju ke Mempawah dimana beberapa tahun sebelumnya Opu Daeng Menambon telah meminta kepada beliau untuk tinggal bersamanya. Hijrah Al Habib Husin Alqadri pada tanggal 8 Muharam tahun 1172 H atau ± 1758 M, disambut baik oleh Opu Daeng Menambon dengan mempersiapkan segala sesuatu yang dipesankan yaitu antara lain membuat dua buah bangunan rumah yang letaknya tidak berjauhan, satu berfungsi sebagai surau atau masjid dan satunya lagi tempat tinggal Al Habib  Husin dengan keluarganya.
Sejak itulah orang-orang berduyun-duyun datang untuk belajar dan menuntut ilmu di tempat beliau. Karena disepanjang sungai menuju rumah beliau banyak terpancang galah perahu orang-orang tersebut maka tempat itu dinamakan Galah Orang, yang sekarang lebih dikenal dengan Galaherang. Sultan Syarif Abdurrahman pada waktu mengikuti hijrah ke Mempawah berumur 16 tahun dan setelah genap berumur 18 tahun oleh ayahnya dinikahkan dengan Puteri Opu Daeng Menambon yang bernama Utin Candramidi. Perkawinan diantara Syarif Abdurrachman dengan Utin Candramidi melahirkan seorang anak yaitu Sultan Kasim bin Sultan Syarif Abdul Rahman Alqadri. Karena kesenangan Syarif Abdul Rahman berlayar ke tempat-tempat yang jauh seperti ke Pulau Tambelan, Pulau Siantan, Riau, dan lain-lain. Maka pada waktu ayahnya meninggal pada tahun 1184 H dia tidak berada ditempat dan beliau dimakamkan di Galaherang Mempawah.
B.     Sejarah Kerajaan Mempawah
Pada waktu Opu Daeng Menambon meninggal dunia, maka tahta kerajaan diserahkan kepada anaknya Gusti Jemiril yang bergelar Penembahan Adiwijaya Kesumajaya. Pusat kerajaannya berpindah dari Sebukit ke Mempawah atau tepatnya di Pulau Pedalaman. Maka mulai saat itu tahun 1761 M dan sampai saat kurun waktu berikutnya nama Kerajaan Bangkule Rajakng telah berganti dengan Kerajaan Mempawah.
Penembahan Adiwijaya Kesumajaya beristrikan Daeng Kelola putera dari Daeng Biasa yang menetap di Betawi, merupakan saudara dari kakeknya yaitu Opu Tandre Borong Daeng Rilekke. Perkawinan ini memperoleh tiga orang anak yaitu:
1.      Gusti Muhammad Zainal Abidin, nama kecilnya Gusti Jati yang kemudian bergelar Sultan Muhammad Zainal Abidin.
2.      Gusti Mas, bergelar Pangeran Panglima.
3.      Utin Ratnadi.
Pada masa pemerintahan Penembahan Adiwijaya ini mempawah lebih terkenal dan merupakan sebuah Bandar dagang yang ramai baik dari dalam maupun dari luar daerah. Dan mempunyai luas wilayah yang makin lebar, pada waktu masa pemerintahan Opu Daeng Menambon hanya 5 binua (daerah) bertambah menjadi 14 daerah. Setiap daerah ini wajib menyerahkan cukai kepada Datuk Pembekal yang mengutus wakil-wakil untuk menanganinya. Sebagai bukti bahwa Kerajaan Mempawah merupakan Bandar dagang yang ramai adalah dipakainya nama-nama seperti Lubuk Batang, Lubuk Sauh dan lain sebagainya. Kapal-kapal itu dikatakan dari daerah-daerah yang jauh seperti Makassar, Siantan (Sumatera), Banjar, orang-orang Tambi dan Brunai.
Mereka menetap disitu untuk berguru kepada Al Habib Husin. Hal ini dibuktikan dengan adanya nama-nama kampung yang ada di sekitar kerajaan yang disesuaikan dengan suku yang mendiami. Seperti Kampung Bugis, Kampung Banjar, Kampung Tambi, Kampung Bayan, Kampung Siantan dan lain-lain. Melihat nama-nama dari pada ketua daerah yang menjadi daerah kekuasaan Penembahan Adiwijaya masih banyak yang menggunakan nama-nama Dayak, kemungkinan pengaruh Islam belum kuat masuk ke daerah-daerah tersebut. Mungkin penyebaran Islam baru mencapai lapisan masyarakat daerah sekitar kerajaan yang letaknya tidak begitu jauh dengan pusat kerajaan dan para pendatang yang sengaja datang untuk belajar agama.
Namun begitu kerukunan masih terjalin dengan baik meskipun Rajanya mempunyai kepercayaan yang berlainan, hal itu kemungkinan disebabkan karena mereka masih menghormati sumpah nenek moyang mereka dengan Opu Daeng Menambon. Kerukunan ini terlihat pada saat Penembahan Adiwijaya hijrah ke Sunga (Karangan) karena terdesak oleh Belanda yang pada saat itu telah menguasai Mempawah. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1201 H atau 1787 M ditandai sebagai tahun hijrah Penembahan Adiwijaya ke Sungan, setelah 26 tahun berkuasa di Kerajaan Mempawah. Peristiwa itu bermula dari kedatangan Belanda ke Mempawah dibawah pimpinan seorang Mayor Besar Belanda bernama “Ambral” dan seorang Kaptennya bernama “Salpit-sir”.
Ketika kapal-kapal Belanda masih berada di Kuala Mempawah, Mayor Ambral diperkenankan oleh Penambahan Adiwijaya untuk mengadakan pembicaraan dengan syarat harus datang sendiri ke istana ke istana kerajaan di Pulau Pedalaman. Namun pada kenyataannya Ambral tidak datang seorang diri tetapi dengan kapal beserta pasukannya. Maka terjadilah tembak-menembak diantara keduannya sehingga menimbulkan korban di kedua belah pihak.
Untuk mencegah terjadinya pertumpahan darah yang semakin banyak akhirnya Penembahan Adiwijaya mengundurkan diri hijrah ke Sungan mengatur siasat perang bersama-sama dengan Panglima Tan Kapi. Kedatangannya di Sungan disambut dengan gembira oleh rakyatnya, maka berdatanglah ke 14 kepala-kepala daerah dengan menghantarkan makan, hasil bumi dan hasil buruannya. Banyak hal yang di Sungan semasa Penembahan Adiwijaya hijrah ke sini, antara lain bergantinya nama dari Sungan menjadi Karangan sebab tempat ini dipakai untuk ngarang (menyusun) adat yang telah disetuhui bersama oleh ke 14 daerah, ketua-ketua pemegang adat, kepala kampong maupun Bide-Bide. Selanjutnya hukum adat ini disalin ditempat lain yang sekarang lebih dikenal dengan Menjalin.
Selain hal tersebut diatas saat itu juga terjadi penyumpahan untuk kedua kalinya, yang pertama oleh Opu Daeng Menambon di Pinang Sekayu ± tahun 1738 dan kedua oleh Penembahan Adiwijaya di Lubuk Gundul ± tahun 1787 yang isinya “Mengaku Setia Kepada Raja Turunan Patih Gumantar Turun-temurun”. Penembahan Adiwijaya Kesumajaya meninggal dunia pada tahun 1204 H, yang menjadi permasalahan sekarang adalah adanya dua buah kuburan yang diakui menjadi makam beliau yaitu di Karangan dan di Pulau Pedalaman. Tetapi sebagian besar keturunan Beliau tetap mengaku bahwa makam di Karangan itulah yang benar. Pada saat meninggalnya Beliau meninggalkan 9 orang anak, yaitu dari isteri pertama Daeng Kelola memperoleh seorang putera bernama Gusti Jati bergelar Pangeran Anom. Kemudian menjadi Raja bergelar Penembahan Surya Negara. Oleh G.G. Van Der Capelen diberi gelar Sultan Muhammad Zainal Abidin. Sedangkan dari isteri kedua yaitu adil Daeng Kelola bernama Daeng Laila mempunyai anak Gusti Amir, menjadi raja menggantikan Sultan Muhammad Zainal Abidin menjadi Raja Mempawah dengan gelar “Penembahan Adinata Krama Umar Kamaruddin”.
Pada saat Penembahan Adiwijaya meninggalkan Mempawah menuju ke Karangan, oleh Belanda diangkatlah Syarit Kasim anak Sultan Syarif Abdurrachman atau anak kemanakan Penembahan Adiwijaya, menjadi raja mempawah. Syarif Kasim bergelar Penembahan Syarif Kasim memerintah Kerajaan Mempawah hanya sebentar karena ia harus menggantikan kedudukan ayahnya di Kerajaan Pontianak. Maka Kerajaan Mempawah digantikan oleh adiknya Syarif Husin bin Sultan Syarif Abdurrachman Alqadri.
Gusti Amir yang bergelar Penembahan Adinanta Krama Umar Kamaruddin merupakan Penembahan ketiga keturunan Daeng Menambon yang memerintah tahun 1243 H - 1269 H atau 1828 M – 1853 M. Setelah Gusti Amir meninggal digantikan oleh puteranya bernama Gusti Mu’min bergelar Penembahan Mu’min Nata Jaya Kesuma, memerintah hanya sehari sebab keburu meninggal dunia. Kedudukan raja digantikan oleh adiknya bernama Gusti Mahmud yang bergelar Penembahan Muda Mahmud Alauddin memerintah tahun 1855 M – 1860 M. Dengan meninggalnya Gusti Mahmud, Kerajaan Mempawah dipegang oleh Penembahan Usman yaitu anak dari Penembahan Mu’min Nata Jaya Kesuma yang bergelar Penembahan Usman Mu’min Nata Jaya Kesuma. Setelah Penembahan Usman mangkat maka anak Penembahan Mahmud yang bernama Gusti Ibrahim bergelar Penembahan Ibrahim Muhammad Syafiuddin menggantikan menjadi Raja.
Tidak ada seorangpun keturunan raja atau orang tua-tua yang dapat menjelaskan bagaimana bentuk dari Keraton Penembahan Adiwijaya pada waktu itu, sedangkan nama keraton yang didirikan oleh Penembahan Ibrahim Mohammad Syafiuddin yang bertuliskan huruf Arab  “Amantu Billah” yang artinya “ Percaya Kepada Tuhan”. Namun keraton Amantu Billah yang didirikan oleh Penembahan Ibrahim lain dengan keraton Amantu Billah yang ada sekarang didirikan pada tahun 1922 pada masa Penembahan Mohammad Taufik Akhmaddin, anak dari Gusti Ibrahim.
Akan tetapi tidak menutup kemungkinan keraton yang ada sekarang ini adalah hasil renovasi dari keraton Penambahan Ibrahim, atau mungkin juga mendirikan keraton baru diatas keraton yang lama dan tetap menggunakan nama Amantu Billah. Pada waktu Gusti Ibrahim wafat, putera mahkota yaitu Gusti Mohammad Tauifik masih kecil belum cukup umur untuk dinobatkan menjadi raja. Maka sebagai wakil diangkatlah Gusti Intan sebagai raja bergelar Pangeran Anom Kesuma Yuda. Memerintah dari tahun 1310 H – 1320 H atau 1892 M – 1902 M. Pada tanggal 16 Agustus 1902 diangkatlah Gusti Taufik menjadi Penembahan, bergelar Penembahan Mohammad Taufik Akamaddin. Beliau beristerikan Ratu Mutiara anak Raja Sambas, dikaruniai dua orang anak yaitu Utin Ketumbar dan Pangeran Ukar. Keduanya meninggal pada usia yang masih muda.
Kemudian Gusti Mohammad menikah lagi dengan Encek Kamariyah bergelar Ratu Mas Sri Utama, anak dari Mohammad Thaha. Setelah selama 41 tahun memerintah Kerajaan Mempawah, datanglah bangsa Jepang ke Mempawah. Pada waktu pendudukan Jepang inilah terjadi pembataian para raja, dan kaum intelektual serta  tokoh-tokoh masyarakat, yang semua mayatnya dimakamkan di makam Jaung Mandor. Salah satunya tokoh Raja yang diculik dan dibantai yaitu Penembahan Mohammad Taufiq dan sampai sekarang belum diketahui secara jelas makamnya. Beliau meninggal dalam usia 63 tahun dan meninggalkan tiga orang anak laki-laki yaitu:
1.      Pangeran Muhammad (Drs Jimmy Muhammad Ibrahim)
2.      Pangeran Faisal
3.      Pangeran Taufikijah

C.    Peninggalan Sejarah Kerajaan Mempawah
1.      Bekas Keraton Mempawah
Keraton mempawah yang ada sekarang ini bernama keraton Amantu Billah yang artinya ‘Percaya Kepada Tuhan’. Keraton ini didirikan pada tanggal 2 November 1992 oleh penembahan Muhammad Tufik Akamaddin, yang terletak di kelurahan kampung pulai pedalaman. Keraton yang tak berapa luas ini masih dihuni oleh kaum kerabat keraton, yang terbagi atas beberapa ruangan. Bangunan keraton itu sendiri dibagaian depan terdapat teras atau balai. Sedangakan dibagian dalam terdapat ruang singgasana yang berisi dengan barang- barang peninggalan keraton antara lain kursi singgasana yaitu tempat duduk raja atau penembahan bersama dengan isterinya. Disamping itu terdapat terdapat tombak pengawal sebanyak enam buah, tombak upacara dua buah, beserta dengan payung kebesaran raja yang sudah tidak dapat dipakai lagi.
Selain itu terdapat banyak foto keluarga antara lain foto penembahan Akkamaddin, panambahan ibrahim, foto para isteri dan keluarga, juga foto Presiden Belanda pada saat mengunjungi Keraton Mempawah. Juga piagam- piagam penghargaan yang diberikan Presiden Belanda kepada panambahan Mohammad Taufik Akkamaddin. Selain itu dalam singgasana juga tersimpan macam- macam keris, keramik. Ruang lain berisi meriam dan tembok. Meriam ini adalah meriam yang dibawa oleh Opu Daeng Menambon ke Kalimantan Barat bernama Si Gondah, sedangkan meriam pasangan barunya bernama Raden Mas. Sebenarnya Si Gondah ada sepasang, namun pada saat menurunkan meriam tersebut, meriam yang satunya tidak diturukan ikut terbawa Daeng Mataku ke Siak, sampai sekarang disimpan dikeraton Siak.
 Selain Daeng Menambon masih banyak lagi meriam- meriam yang letak di halaman depan dan diteras semua berjumlah 10 buah. Selain ruang- ruang yang telah disebutkan diatas terdapat ruang senenan atau gamelan. Senenan ini berfungsi sebagai pelengkap dalam suatu upacara yaitu sebagai alat peniging.
Keadaan senenan masih tampak bagus dan terawat baik. Ruang- ruang lain seperti ruang tidur panembahan dan keluargannya, sampai sekarang masih dihuni oleh para kerabatnya.




2.      Makam Raja- Raja Mempawah
a.      Makam Opu Daeng Menambon Di Sebukit
Makam Opu Daeng Menambon terletak di Sebukit Rama, Desa Pasiran kecamatan Mempawah Hilir. Selain makam Daeng Menambon, juga terdapat makam Gusti panembahan Haji Syech Mohammad Saleh yang letaknya berdampingan. Isteri Opu Daeng Menambon Ratu Kesumba baru meninggal pada tahun 1185 H atau ±tahun 1771 M. Masyarakat setempat menganggap makan Opu Daeng Menambon keramat sehingga kebanyakan orang yang datang mengunjungi makam tersebut mempunyai tujuan- tujuan tertentu, bahkan ada yang sampai yang bersemedi di tempat tersebut agar cita- citanya akan tercapai.

b.      Makam Raja- raja Dipulau Pedalaman
Di tempat ini akan ditemui makam-makam yaitu:
1)      Makam Ratu Kesumba yang bergelar Ratu Agung Sinuhun, wafat pada bulan sapar tahun 1185 H atau ± tahun 1771 M.
2)      Makam Gusti Jati atau Panembahan Surya Nata Kesuma Memerintah pada tahun 1816 M – 1826 M atau 1228 H- 1241 H. Beliau wafat dimakamkan dikomplek pemakamkan raja- raja mempawah.
3)      Makam Gusti Amir bergelar Penembahan Adinata Krama Umar kkamaruddin. Memerintah pada tahun 1243 H- 1264 H atau 1828 M- 1853 M.
4)      Makam Gusti Mu’min, yang bergelar Penambahan Mukmin Nata Jaya Kesuma atau lebih dikenal dengan Pangeran Daeng. Yang memerintah Kerajaan Mempawah pada tahun 1853 M- 1855 M.
5)      Makam Gusti mahmud dengan gelar Pangeran Suta Negara atau Panembahan Muda Mahmud Akamaddin memerintah tahun 1855 m dan wafat pada tahun 1860 M.
6)      Makam Gusti Usman bergelar Penambahan Usman Nata jaya Kesuma. Beliau wafat pada tahun 1864 M.
7)      Makam Gusti ibrahim yang mempunyai gelar Pangeran Kesuma Agung atau Penembahan Ibrahim Mohammad Syaifuddin. Beliau wafat pada tahun 1892 M,  dimakamkan dalam ruang tersendiri yang kelihatan terawat bersih dan rapi.
8)      Makam Gusti intan memerintah dari tahun 1310 H – 1320 H atau 1892 M.
9)      Makam Gusti Mohammad Taufik dengan gelar Panembahan Mohammad Taufik Akamaddin. Beliau memerintah pada tanggal 16 Agustus tahun 1902. Pada waktu Jepang di Mempawah, Panembahan Mohammad Taufik merupakan salah satu dari beberapa tokoh dan raja- raja yang diculik oleh Jepang, yang sampai sekarang tidak diketahui secara pasti dimana makamnya. Peristiwa itu terkenal dengan nama Peristiwa Mandor.
10)  Makam Encik Kamarilah yang bergelar Ratu Adinegara juga dikuburkan dikomplek makam raja- raja Mempawah di kampung pedalaman.

c.       Makam Panembahan Adiwijaya Di Karangan
Masuknya Belanda ke kerajaan mempawah menyebabkan pemerintahan Adiwijaya harus pergi dan mengungsi di Karangan.  Banyak hal yang diperbuat Panembahan Adiwijaya,  salah satunya adalah mengubah nama Sungai menjadi Karangan.
Sebelum menghembuskan nafasnya yang terakhir beliau pernah berpesan bahwa ia tidak rela jenazahnya dibawa ke mempawah. Beliau wafat pada bulan zulqaedah tahun 1294 H atau 1767 M. Beliau dimakamkan bersama- sama dengan kerabatnya yang masih ada keturunan darah dengan beliau.

d.      Makam Tiga Bersaudara
Makam tiga bersaudara yaitu Tan Unus, Tan Baiduri, Tan Kapi terletak di Karangan, kecamatan Mempawah Hulu Kabupaten Pontianak. Menurut sumber yang diperoleh dikatakan bahwa ketiga berasal dari Madras yang sekarang disebut orang Brunei Darusalam. Ketiga bersaudara ini dimakamkan berdekaan satu sama lain. Keadaan makamnya sendiri belum banyak mengalami perubahan dari dulu sampai sekarang hanya dibatasi oleh batu nisan terbuat dari batu dicet berwarna kuning. Makam tersebut berada di tengah- tengah hutan yang dikelilingi oleh pohon- pohon yang besar.

e.       Makam Al Habib Husin
Makam ini terletak di desa Sejegi Kecamatan Mempawah Hilir dan sekitar 1 km jaraknya dari pusat Kota Mempawah. Habib Husin mula- mula bernama As sayid Husin Al Qadri yang karena kepandaian dan tinggi ilmunya dalam bidang agama maka oleh masyarakat dimuliakan dengan panggilan Al Habib.  Hari rabu 3 Dzulhijah tahun 1184 H atau 1770 M habib husin wafat dalam usia ± 64 tahun. Keadaan makam Habib Husin terlihat terawat bersih, dan disitu juga terlihat makam- makam kerabatnya yang masih ada hubungan darah dengan Beliau. Oleh masyarakat makam beliau dianggap keramat.




f.       Masjid Jami’Mempawah
Masjid peninggalan Kerajaan Mempawah yang ada sekarang bernama Masjid Jami’atul Khair yang terletak di tepi sungai dipulau Pedalaman. Masjid ini dibangun kira- kira pada tahun 1928 pada masa pemerintahan Panembahan Mohammad Taufik Akamaddin. Di dalamnya terdapat mimbar yang telah dibentuk dengan gaya modern, yang terbuat dari besi baja dan beratap kain berwana kuning. Lantai masjid itu terbuat dari kayu belian, beduk dari kulit dan kayu beliaan dan dua buah jam dinding kuno sebagai pelengkap dalam ruangan masjid.
D.    Tempat Dan Peristiwa Sejarah
a.      Penyumpahan Di Pinang Sekayu Dan Lubuk Gundul
Menurut cerita narasumber penyumpahan disini adalah suatu perjanjian yang dibuat oleh masyarakat  Dayak dengan pihak kerajaan yang isinya menyatakan bahwa “Mengaku setia kepada Raja turunan Patih Gumantar turun-temurun”. Penyumpahan pertama terjadi di Pinang Sekayu pada masa Opu Daeng Manambon Pangeran Mas Surya Negara. Hal itu terjadi karena adanya perselisihan yang terjadi dikalangan keluarga kerajaan, dalam hal ini antara Daeng Manambon dan Pangeran Adipati. Sedangkan penyumpahan kedua di Lubuk Gundul terjadi pada masa pemerintahan Gusti Jemiril yang bergelar Panembahan Adiwijaya.

b.      Upacara Robo’-Robo’
Seperti disebutkan bahwa upacara Robo’-Robo’ diadakan setiap hari Rabu terakhir bulan Safar, setahun sekali. Kata Robo’ diartikan sebagai Rabu. Maka Robo’-Robo’ sangat dekat kaitannya dengan Rabu-Rabu. Istilah lain juga disebut Safaran karena diadakan hanya pada malam Safar. Menurut kepercayaan masyarakat setempat bahwa pada malam Safar merupakan malam yang naas dan penuh kesialan.
Dimana Tuhan Yang Maha Esa menurunkan bala kepada manusia pada setiap tahunnya pada bulan Safar dan menurut kepercayaan roh halus yang dapat menolong menyelamatkan manusia. Bagi masyarakat daerah Kabupaten Pontianak di Mempawah, upacara ini lebih bersifat historis, religius, magis, dan sosio kultural. Robo’-Robo’ termasuk upacara besar dan melalui beberapa tahapan yaitu upacara ziarah kekubur, upacara kenduri, dan yang terakhir adalah hiburan rakyat yang bersifat tradisional.

c.       Benteng Syarif Kasim
Bangunan yang dahulu dibuat oleh Sultan Kasim di Pulau Pedalaman dekat Keraton Mempawah, menyerupai sebuah benteng yang sekarang tinggal reruntuhannya saja. Bangunan tersebut terbuat dari bahan batu hitam yang kuat. Dipakai sebagai tempat pertahanan prajurit-prajurit kerajaan dari musuh-musuhnya.

d.      Lubuk Batang Dan Lubuk Sauh
Lubuk Batang adalah nama sebuah kampung yang terletak dikampung dalam pinggir Sungai Mempawah. Merupakan sebuah pelabuhan kecil tempat menerima cukai dari rakyat yang datang dari hulu sungai dengan menggunakan perahu. Lubuk artinya sungai yang dalam dan Batang artinya batang kayu yang disusun seperti rakit untuk dijadikan tempat bongkar muat di situ.
Selain itu ada juga sebuah kampung yang bernama Lubuk Sauh yang letaknya di kampung dalam juga. Fungsi dari Lubuk Sauh juga sama yaitu sebagai pelabuhan. Di sebut Lubuk Sauh karena setiap perahu yang datang berlabuh menurunkan sauh atau jangkar perahu disitu. Pedagang yang datang ke Kerajaan Mempawah antara lain pedagang Bugis, Siantan (Sumatra), Brunai dan lain-lain.
BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Keajaan Bangkule Rajakng dipimpin oleh seorang Patih bernama Patih Gumantar yang terkenal gagah berani. Dari keturunan Patih Gumantar menikah dengan Daeng Menambon dari suku lain yaitu Bugis. Dari keturunan Daeng Menambon inilah yang menjadi raja-raja di Mempawah. Perpindahan pusat kerajaan dari Sebukit Rama ke Karangan karena didesak oleh Belanda, yaitu pada masa pemerintahan Penembahan Adiwijaya.
Penembahan yang anti Belanda ini sampai wafatnya tetap berada di Karangan. Kemudian di kalangan masyarakat timbul dua pendapat mengenai makam dari Penembahan Adiwijaya yaitu Karangan dan di Pulau Pedalaman. Sebelum menghembuskan nafasnya yang terakhir beliau pernah berpesan supaya dimakamkan di Karangan. Biasanya permintaan dari seorang yang mau meninggal wajib dipenuhi apalagi beliau seorang raja.
Kehidupan sosial dan hubungan antar daerah kebanyakan dilakukan melalui sungai, sehingga perdagangan dan pelayaran berkembang dengan pesat. Begitu juga perdagangan dilakukan dengan negara-negara atau  daerah lain di luar Kalimantan Barat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perkampungan yang terdapat di sekitar kerajaan, biasa dilakukan oleh para pedagang yang jauh tempat tinggalnya dan secara rutin mengadakan hubungan dagang dengan Kerajaan Mempawah. Bahkan ada yang menikah dan mempunyai keturunan dengan penduduk setempat. Bandar sungai dengan nama tertentu seperti Lubuk Sauh, Lubuk Batang, Galah Hilang, menunjukkan keadaan yang ramai pada waktu itu sebagai tempat untuk berlabuh dan menurunkan barang.

Ada juga nama-nama tempat seperti Sangking, Melinsam, Lubuk Gundul dan sebagainya sebagai tempat bersejarah yang selalu dikenang oleh rakyat  mempawah. Semua itu merupakan peninggalan Sejarah Kerajaan Mempawah yang tak ternilai. Walaupun sekarang sudah banyak terjadi perubahan-perubahan di tempat-tempat tersebut, sehingga sulit untuk diketahui tempatnya.
Sepeninggalan Penembahan Adiwijaya, oleh Belanda diangkatlah  Syarif Kasim dari Pontianak anak Sultan Abdul Rahman. Maksud dari pengangkatan itu belum dapat diketahui sampai sekarang, yang jelas dengan pengangkatan Syarif Kasim tersebut berarti hubungan Belanda dan Pontianak sangat erat. Apalagi di Kerajaan Mempawah terdapat benteng gaya barat peninggalan Syarif Kasim, tujuannya mungkin untuk mempertahankan diri dari serangan kerajaan-kerajaan lain.
Sepeninggalan Syarif Kasim tahta diduduki oleh Syarif Husin dan kemudian berturut-turut keturunan dari Penembahan Adiwijaya. Setelah pemerintahan Syarif Husin tahta kerajaan di pegang oleh keturunan Adiwijaya sampai kedatangan Jepang di Indonesia. Tindakan Jepang dengan menculik para raja dan juga tokoh-tokoh masyarakat termasuk juga Penembahan Mohammad Thaufiq Akamadin, menyebabkan makam Raja Mempawah ini tidak diketahui dengan pasti dimana letaknya, apakah ikut dikubur bersama-sama dengan para korban lainnya di Mandor atau dikubur di tempat lain.







B.     Saran
1.      Tempat-tempat bersejarah dan peninggalan-peninggalan Kerajaan Mempawah yang ada agar ditingkatkan pemeliharaannya.
2.      Agar Pemerintah Daerah memberikan penghargaan kepada penulis-penulis buku Sejarah Kerajaan Mempawah dan membantu hal pendanaannya.
3.      Penyebarluasan informasi mengenai Sejarah Kerajaan Mempawah kepada masyarakat terutama peserta didik, dan mahasiswa supaya lebih ditingkatkan, dengan  harapan dapat menambah kesadaran sejarah kepada masyarakat khususnya peserta didik kita.
4.      Penggalian terhadap benda-benda bersejarah lebih ditingkatkan lagi.













DAFTAR PUSTAKA

Nurcahyani, Lisyawati. (1994). Pendataan Sejarah Keraton Mempawah dan Peninggalan Sejarahnya. Pontianak : Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Pontianak. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar